Khamis, 27 Jun 2013

Tips Pencahayaan Rumah Sehat

Rumah yang sehat tidak hanya memerlukan Ventilasi yang cukup namun juga memerlukan cahaya yang cukup juga, cukup disini artinya tidak kurang dan tidak berlebihan.
Ruangan rumah yang kurang cahaya matahari akan membuat ruangan terasa kurang nyaman dan merupakan media yang baik untuk tempat hidup mikroorganisme bibit penyakit. Rasanya juga kurang nyaman terasa jika dirumah kita terlalu banyak cahaya matahari yang masuk kedalam rumah, akan terasa panas tentunya, juga sinar akan menyilaukan mata dan bisa saja akan menyebabkan gangguan pada mata kita.
Bagaimana cara mengatur cahaya yang masuk kedalam rumah agar rumah menjadi sehat, berikut ini Tips pencahayaan rumah yang bisa kita terapkan.

Sinar matahari adalah sumber cahaya terbaik bagi rumah, karena sinar matahari dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit. Rumah harus didesain mempunyai jalan masuk cahaya matahari yang cukup dan tidak berlebih.

Ukuran jendela untuk jalan masuk cahaya atau sinar matahari minimal 15% sampai 20% dari luas lantai ruangan. Posisi jendela sedemikian rupa agar cahaya matahari pagi dapat langsung masuk kedalam ruangan rumah.

Sinar yang masuk sebaiknya lebih banyak menyinari lantai daripada menyinari dinding rumah. Pergunakan juga genteng kaca untuk membantu jendela dalam pencahayaan rumah.

Rumah yang sehat bukanlah rumah yang bagus, mewah dibalut dinginnya AC, tapi pengaturan cahaya dan ventilasi untuk keluar masuknya udara adalah yang terbaik untuk kesehatan penghuninya. Jadi desainlah rumah anda dengan mementingkan kesehatan karena rumah yang sehat akan membuat diri anda sekeluarga menjadi sehat pula. Demikianlah Tips Pencahayaan Rumah Sehat, semoga bermanfaat.

Demikianlah artikel yang bisa saya share mengenai Tips Pencahayaan Rumah Sehat semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua - Tips Pencahayaan Rumah Sehat

Tiada ulasan: